5 Cara Mengatasi Luka Bakar

cara mengatasi luka bakar
sumber: pixabay

Pengertian Luka Bakar

Luka bakar adalah jenis cedera pada kulit atau jaringan tubuh lainnya yang disebabkan oleh panas, bahan kimia, radiasi, atau listrik. Besar kecilnya luka bakar biasanya tergantung pada tingkat suhu dan durasi paparan terhadap sumber panas tersebut. 

Contoh Luka Bakar

Contoh luka bakar antara lain adalah luka bakar ringan seperti kemerahan atau lecet pada kulit akibat terkena sinar matahari atau sengatan air panas. Sedangkan luka bakar yang lebih parah adalah luka bakar tingkat dua hingga tiga yang berpotensi menyebabkan kerusakan jaringan lebih dalam.

Cara mengatasi Luka Bakar

Setelah memahami mengenai pengertian dan contoh luka bakar, selanjutnya marilah kita melangkah pada "bagaimana cara mengatasi luka bakar?".

Berikut ini ada 5 cara mengatasi luka bakar:

  1. Dinginkan luka bakar dengan air dingin (bukan air es) selama minimal 10-15 menit.
  2. Tutup luka dengan kain bersih atau kasa steril.
  3. Jangan mengoleskan es, minyak, mentega, atau zat lain pada luka bakar.
  4. Hindari menggosok atau menggaruk luka bakar.
  5. Bila luka bakar terasa parah atau menyebabkan nyeri yang hebat, segera konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis.

Penutup

Penting untuk segera melakukan tindakan pertolongan pertama saat terjadi luka bakar agar mencegah terburuknya kondisi luka dan mempercepat proses penyembuhan. Jika luka bakar terlalu parah atau menimbulkan luka terbuka yang luas, segera cari bantuan medis profesional untuk penanganan lebih lanjut.Luka bakar adalah jenis cedera pada kulit atau jaringan tubuh lainnya yang disebabkan oleh panas, bahan kimia, radiasi, atau listrik. Besar kecilnya luka bakar biasanya tergantung pada tingkat suhu dan durasi paparan terhadap sumber panas tersebut.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url